Peluang Bisnis Jualan Foto Via Smartphone Dapat Dollar

Gaya Hidup

Efek Negatif Video Games Untuk Perkembangan Anak

Milenialbisnis.com – Games sepertinya juga sudah mengikuti zaman, tidak seperti zaman dahulu yang mana anak-anak lebih bermain di halaman, bermain pasir, atau tanah dan lumpur sampai dekil. Kini sudah eranya anak-anak menggemari games yang dimainkan lewat smartphone, game yang ditayangkan lewat youtube atau video game yang menayangkan seseorang secara virtual. Nah lalu apa efek dari anak-anak yang suka menonton video games bagi perkembangan mereka?.

1. Terganggunya perkembangan motorik

Anak yang kecanduan akan menonton video games akibat dari keseruan yang ditampilkan, dan dibawakan oleh Sang Gamers lewat aksinya bermain game tersebut, membuat anak-anak kecanduan untuk menonton lagi  dan lagi. Mereka akan mencoba menonton bagian part video games yang lain, hingga membuat lupa waktu dan menghabiskan banyak kuota bulanan orang tuanya. Kecanduan membuat mereka bisa full time on menatap layar ponselnya, yang membuat mereka malas untuk bergerak, bermain di halaman, atau melakukan aktivitas pisik lainnya. Hal ini akan mengganggu perkembangan motorik si anak. Lambat dalam bergerak yang bisa diakibatkan oleh obesitas atau kenaikan berat badannya.

2. Terganggunya perkembangan sosial

Video games berefek pada anak yang menjadi suka menyendiri dan asik pada dunianya sendiri. Tidak bisa dipungkiri, kecanduan menonton video games buat anak-anak lebih memilih untuk abai akan lingkungan sekitar. Mereka lebih memilih focus pada apa yang mereka tonton daripada bermain diluar atau berbincang pada orang tuanya. Hal ini dapat menghambat dan mengganggu perkembangan anak dalam hal bersosialisasi, kedekatan orang tua dengan anak pun juga menjadi terganggu.

3. Terganggunya perkembangan kognitif pada anak

Perkembangan kognitif pada anak yang mencangkup pada kemampuannya menyelesaikan tugas yang diberikan baik oleh orang tua maupun guru di sekolah, adapun perkembangan yang mengarah pada aktivitas otak ini dapat terganggu perkembangannya pada si anak jika mereka kecanduan dalam menonton video games full time setiap hari bahkan jika parahnya dibiarkan dan berlangsung lama. Hal ini bisa berimbas pada menurunnya prestasi anak di sekolah, atau menurunya kreativitas si anak akibat dari kegiatannya hanya menonton video games itu saja.

Baca Ini  Efek Negatif Layar Smartphone Untuk Kesehatan Anak

4. Terganggunya perkembangan verbal atau komuniskasi atau berbicara pada anak

Pola asuh sekarang yang membiarkan anak-anak menonton video games, berkumpul bersama teman namun sepanjang waktu satu sama lain hanya fokus pada video games yang ditonton, akan membuat perkembangan komunikasi mereka menjadi terganggu. Bagian komunikasi ini penting mengingat saat mereka beranjak dewasa akan digunakan untuk bersosialisasi. Jika mereka masih belum bisa berbicara, terbata-bata, belum bisa menempatkan urutan kata dan kalimat dengan baik tentunya kebiasaan ini perlu diperbaiki.

5. Terganggunya perkembangan emosional anak

Anak yang suka menonton video games terlalu berlebihan dan sepanjang hari biasanya dari sisi emosi dia akan lebih emosional. Menjadi cepat marah, tidak sabaran, dan hanya ingin diperhatikan dan dimengerti, padahal anak menjadi emosional dan egois karena anak tidak peka dengan lingkungan sekitar mereka, yang mereka mengerti adalah hanya keseruan mereka saat menonton video games tersebut.

Memang tak bisa dipungkiri, keberadaan games dan para gamers jika kita lihat di dunia maya seperti youtube keberadaan mereka seperti memiliki fans, dan video games seakan menjadi hiburan bagi anak-anak. Untuk meminimalisir dampak atau efek yang diakibatkan oleh video games untuk perkembangan anak-anak, orang tua sebaiknya memberikan batasan secara tegas mengenai waktu mereka untuk menonton video games. Misalkan boleh menonton jika telah menyelesaikan tugas, jika telah belajar, atau jika telah membantu orang tua menyapu. Sekian artikel mengenai efek video games untuk perkembangan anak, semoga artikel kali ini bisa membantu kalian semua, jangan lupa untuk meninggalkan komentar dan membagikan artikel ini jika bermanfaat.

Photo : searchenginejournal.com

Related posts
Gaya Hidup

Efek Negatif Sosial Media Untuk Perkembangan Anak

Gaya Hidup

Efek Negatif Layar Smartphone Untuk Kesehatan Anak

Gaya Hidup

Tips Mengatasi Lingkungan Kerja Yang Tidak Nyaman

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!