Peluang Bisnis Jualan Foto Via Smartphone Dapat Dollar

Gaya Hidup

Efek Negatif Sosial Media Untuk Perkembangan Anak

Milenialbisnis.com – Beragam jejaring platform sosial media mulai bermunculan mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Tiktok dan sebagainya. Kini setiap orang dapat mengakses sosial media secara mudah dan gampang, bahkan anak-anak yang tanpa pantauan orang tua pun dapat menggunakan sosial media ini tanpa filteralisasi konten yang mereka lihat. Lalu jika ini dibiarkan pada anak-anak sebagai konsumen sosial media, efek apa yang akan terjadi untuk perkembangan mereka?

Memang tak bisa dipungkiri, adanya sosial media membuat pertemanan kita tak terbatas. Tanpa khawatir dengan jarak, anak di Indonesia pun bisa berteman dengan anak dari Negara lain. Efek positif dari sosial media dari segi perluasan jejaring pertemanan tentunya membuat anak berkembang menjadi anak yang tidak introvert, pemikiran mereka akan lebih luas terbuka. Namun bagi anak yang belum terlalu mengetahui benar dan salah tentunya penggunaan sosial media akan dapat mengarah pada efek yang tidak kita inginkan apa saja itu?

1. Pergaulan Bebas

Pertama, pergaulan bebas. Sebelumnya yang kita tahu pergaulan bebas di dunia nyata sudah sangat membuat geleng-geleng kepala, maksudnya berpikir miris. Nah pergaulan bebas di dunia maya akibat efek dari sosial media tentunya dua kali lebih besar mengancam perkembangan anak kita. Misalkan, jika kita secara bebas membiarkan anak kita mengakses sosial media tanpa pantauan dan filteralisasi konten yang mereka lihat, akan menjerumuskan mereka pada konten yang takutnya tak senonoh, anarkis, dan kurang sopan santun. Anak yang dalam tahap perkembangan tentunya tahap dimana mereka penasaran dan ingin tahu serta mudah untuk meniru. Nah ini yang bahaya, ketika mereka melihat di media sosial orang maaf dikatakan berpacaran, lalu mereka yang tidak atau kurang tahu lalu ikut melakukan hal tersebut. Cerita lainnya, jika mereka melihat orang yang berantam di sosial media, lalu mereka juga begitu dengan temannya, tentu hal ini sangat tidak baik untuk perkembangan mereka.

Baca Ini  Tips Mengatasi Lingkungan Kerja Yang Tidak Nyaman

2. Anak Jadi Malas Belajar

Kedua, anak jadi malas belajar. Banyaknya konten-konten yang menarik minat mereka yang bertebaran di sosial media, misalkan berita K-pop, drama Korea, atau game terpopuler membuat mereka lebih senang untuk bermain sosial media daripada meluangkan waktu untuk belajar. Kesenangan anak-anak untuk mengakses sosial media daripada mengakses konten yang produktif untuk pembelajaran mereka membuat efek yang buruk bagi kemajuan kecerdasan mereka. Bayangkan saja, tak jarang anak-anak sekarang masih susah menghitung, masih susah membaca cepat, masih susah perkalian atau pembagian kan?

3. Anak Kurang Percaya Diri

Ketiga, anak acapkali kehilangan kepercayaan diri. Sosial media biasanya menjadi media penyebaran info terkini dan terupdate, dan biasanya banyak hal yang bagus-bagus terpost kan disana, hal ini bisa membuat anak yang kegiatannya hanya sebagai pengakses sosial media, melihat segala postingan tersebut membuat dirinya membandingkan dengan mereka yang di sosial media sehingga muncul rasa insecure atau hilangnya kepercayaan diri. Misalkan, ketika banyaknya orang yang update foto jalan-jalan, berpakaian keren, makanan yang enak dan mahal, membuat anak menjadi ingin seperti itu juga, dan secara tidak langsung munculah rasa insecure apabila hal tersebut tidak bisa ia miliki dan dapatkan.

Sosial media sebenarnya tempat kita bersosialisasi secara dekat dengan orang yang jaraknya  jauh atau susah kita temukan secara langsung. Oleh karena itu, penggunaan sosial media bagi anak-anak harus selalu dipantau oleh orang dewasa, terlebih karena usia mereka yang masih dalam tahap perkembangan fisik maupun mental, batasi konten-konten yang belum layak mereka lihat, sehingga efek negatif dari sosial media tidak mengganggu tahap perkembangan anak anda. Ulasan artikel kali ini semoga lebih menyadarkan dan membuka pikiran kita akan efek dari sosial media bagi perkembangan anak. Jika dirasa bermanfaat jangan lupa share artikel ini.

Baca Ini  Efek Negatif Video Games Untuk Perkembangan Anak
Related posts
Gaya Hidup

Efek Negatif Video Games Untuk Perkembangan Anak

Gaya Hidup

Efek Negatif Layar Smartphone Untuk Kesehatan Anak

Gaya Hidup

Tips Mengatasi Lingkungan Kerja Yang Tidak Nyaman

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!