Peluang Bisnis Jualan Foto Via Smartphone Dapat Dollar

Bisnis

Cara Menghasilkan Uang Online dari Youtube Jutaan Rupiah Per Bulan

Milenialbisnis.com – Pada artikel kali ini saya akan berbagi informasi menarik kepada Anda  semua tentang cara mudah mencari uang online dari Youtube yang tentunya sudah banyak diterapkan oleh masyarakat di Indonesia. Misalnya saja sekarang ini, tidak sedikit artis yang mempunyai  channel youtube karena dirasa lebih menguntungkan dan bisa dijadikan sebagai penghasilan sampingan, youtuber popular seperti Rafi Ahmad,  Jess No Limit, mungkin penghasilan mereka bisa sampai ratusan juta hingga milyaran rupiah dalam sebulan.

Menggiurkan bukan ? Tetapi Sayang, dengan membuat sebuah channel youtube dan berkembang dengan pesat itu tidak mudah dilakukan dan butuh sekali perjuangan serta kerja keras yang maksimal. Nah, artikel ini kami buat secara rinci untuk membantu Anda dalam membuat channel youtube yang sukses dan menghasilkan uang setiap bulannya. Supaya tidak semakin penasaran, berikut ini ialah persiapan dan langkah-langkah mencari uang online dari Youtube.

Namun sayang tak semua informasi yang ada bisa diterapkan dan mudah di pahami pembaca. Kami sebisa mungkin memberikan penjelasan kepada Kamu  yang lebih detail supaya  pembuatan channel youtube benar-benar bisa menghasilkan di kemudian hari.

1. Tentukan konsep channel youtube Kamu  dengan baik

Langkah pertama yang harus dilakukan disini ialah membuat konsep untuk channel youtube Kamu. Channel youtube ini ialah tempat dimana seluruh video yang akan Kamu buat berada, secara sistematis seperti sebuah website yang mana di dalamnya ada banyak konten artikel, kalau di youtube maka semua isinya ialah video yang Kamu  buat. Konsep channel youtube inilah yang menentukan kesuksesan Kamu  di masa mendatang.

Buatlah channel sesuai dengan passion maupun hobi yang sering Kamu  lakukan. Contoh, kalau suka bermain games maka jangan ragu untuk membuat channel tentang gaming, bila  Kamu  suka menyanyi silahkan buat channel cover lagu dan masih banyak lagi konsep lainnya. Intinya, carilah konsep yang benar-benar unik dan menunjukkan ciri khas dari diri Kamu  sendiri.

Pertimbangkan juga minat dari penonton youtube, terkadang banyak orang yang suka dengan beberapa channel yang membahas tentang komedi, prank, review, tutorial dan lain sebagainya. Coba cari peluang yang tepat, tetapi harus disesuaikan juga dengan kemampuan Anda  dalam membuat video kedepannya.

Selain itu, deskripsi sebuah channel youtube juga harus bisa menunjukkan ciri khas sendiri, jangan menggunakan desain yang biasa, cobalah buat seunik mungkin. Selain itu, tentukan juga nama channel yang mudah di ingat penonton, unik dan tidak terlalu absurt. Menentukan nama channel memang gampang-gampang susah, Kamu  harus mencari nama yang belum pernah di pakai orang lain di video mereka, mungkin bisa pakai bahasa yang sedikit lucu + aneh, namun jangan terlalu absurt.

2. Mulai buat video pertama Kamu  dengan durasi yang tepat

Video perdana merupakan awal dimana kesuksesaan youtube dimasa depan, impresi dari penonton di youtube pada saat melihat video pertama Anda sudah takjub, secara tidak langsung tanpa meminta subscribe dan like, mereka dengan sendirinya akan mengikuti Anda. Anda  bisa membuat video dengan berbagai peralatan yang ada. Berikut ini ialah berbagai macam peralatan yang seringkali digunakan seorang youtuber dalam membuat video.

  • Kamera DSLR, Kamera Handphone atau kamera digital
  • Microfone Plus Audio
  • Laptop Plus Aplikasi desain video (Movie maker ,Adobe premier, dan Filmora )
  • Gimbal / Stabilizer
  • Lighting atau pencahayaan
  • Skenario Plus Alat peraga lainnya
Baca Ini  10 Peluang Usaha Bisnis Di Bidang Digital Yang Bisa Dicoba

Perhatikan juga dalam membuat video youtube tetap melihat durasi waktu, umumnya  penonton akan mudah sekali bosan dengan durasi waktu yang terlalu panjang. Minimal sekitar 5 menit – 10 menit sebenarnya sudah sangat cukup untuk sebuah video youtube, tergantung juga dari jenis konten yang Anda  buat sebenarnya.

Setidaknya Anda  harus bisa memposisikan diri juga sebagai penonton, dengan durasi video yang panjang dan isi konten, apakah penonton masih betah atau tidak. Ini perlu di pikirkan dengan baik, sehingga kualitas video Anda benar-benar maksimal. Jangan lupakan juga untuk cara pengambilan gambar ketika membuat video, pusatkan pada hal-hal yang dianggap penting dan jangan terlalu banyak bertele-tele, ini akan membuat penonton cepat boring.

3. Usahakan mempromosikan video dengan Google Ads

Sebab disini kita baru pertama kali membuat sebuah video youtube, jelas cukup sulit untuk mendatangkan penonton dan subscriber.  Tetapi,  Anda  bisa menggunakan cara lain supaya  video Kamu  ditonton banyak orang, manfaatkan youtube ads dengan sistem berbayar, umumnya  youtuber di Indonesia juga menggunakan cara ini untuk mendapatkan banyak penonton. Walaupun berbayar, Anda  tetap bisa mendapatkan keuntungan yaitu viewer dan subscriber. Menarik bukan ?

4. Kaitkan Youtube dengan program Google Adsense

Banyak orang khusunya pemula yang belum memahami cara kerja channel youtube bisa menghasilkan uang, mereka bertanya-tanya kenapa youtuber selalu mendapatkan uang dari video yang mereka buat. Jawabannya tentu ada dipoint ke 4 ini. Kamu  bisa mengaitkan atau menghubungkan channel dengan google adsense, yang mana merupakan program periklanan daring yang membantu para pembuatan konten untuk mendapatkan reward dari google.

Hanya saja sebelum Kamu  menghubungkan channel youtube ke google adsense, perhatikan dahulu syarat dan ketentuannya. Berikut ini ialah syarat dan ketentuan sebelum gabung dengan Google Adsense.

  • Youtube sudah harus mempunyai  minimal 1000 subscriber
  • Jumlah tayangan di video harus 4000 jam
  • Jumlah video setidaknya sudah 30 an di channel Kamu
  • Sebuah channel youtube tak boleh mengandung konten sara, rasis, pornografi,  dan hal-hal yang tidak sesuai dengan kebijakan komunitas Youtube.
Baca Ini  Hal Penting untuk Memulai Bisnis Rumahan Agar Sukses

Bila  dari ke-4 point tersebut ini telah  terpenuhi. Maka, tugas selanjutnya ialah mengoptimalkan konten video youtube Anda. Bagi pemula bukan perkara yang mudah untuk bisa memperoleh 1000 subscriber dan 4000 jam tayang video perlu kerja keras dan kesabaran. Solusinya kamu bisa membuat konten yang beda dari yang lain dan sajian menarik sehingga penonton semakin penasaran.

5. Optimasi Video Youtube secara Organik

Sama halnya sebuah website/blog pada saat ingin dinilai baik oleh google, maka harus mendatangkan pengunjung secara organik. Pengunjung organik ialah pengunjung yang secara langsung mencari di mesin pencari Google tanpa perantara media sosial seperti whatsapp, facebook,  dan lainnya.

Sama halnya bila  Anda  bermain youtube, pengunjung organik merupakan target utama pada saat membuat konten youtube. Maka dari itu, karakteristik dari pengunjung organik selalu melihat konten video terlebih dahulu sebelum akhirnya memutuskan untuk mensusbscribe atau jadi pengikut setia video yang Anda  buat. Bila konten yang disajikan yang kurang baik jangan harap video akan ramai.

Berikut beberapa optimasi youtube organik yang bisa diterapkan:

  • Buatlah video dengan keyword
  • Selalu optimasi judul dan deskripsi
  • Buat thumbnail menarik 
  • Ajak para pengunjung untuk berkomentar
  • Gunakan link konfirmasi subscriber

Nah itulah cara mudah membangun bisnis online dari channel youtube, mudah bukan ? Yuk mulai bisnis online sekarang.

Related posts
Bisnis

10 Peluang Usaha Bisnis Di Bidang Digital Yang Bisa Dicoba

Bisnis

Ini 7 Cara Dapatkan Uang dari Bisnis Online Terbaru Yang Menguntungkan

BisnisTeknologi

8 Cara Mudah Cari Uang Lewat Handphone Yang Menguntungkan

Bisnis

Ini 4 Tips Memulai Bisnis Online dari Instagram Untuk Pemula

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!